Fakta Menarik Dibalik Air Hujan Beserta Kandungan Didalamnya

Fakta Menarik Dibalik Air Hujan Beserta Kandungan Didalamnya



Pengertian Hujan


Berdasarkan dari sumber wikipedia, Hujan adalah sebuah presipitasi berwujud cairan, berbeda dengan presipitasi non-cair seperti salju, batu es dan slit

Pengertian lain menyebutkan hujan adalah sebuah peristiwa turunnya butir-butir air yang berasal dari langit ke permukaan bumi. Hujan juga merupakan siklus air di planet bumi.


Peristiwa jatuhnya cairan yang berasal dari atmosfer yang berwujud cair maupun beku ke permukaan bumi

Lihat selengkapnya disini


Fakta Menarik Di Balik Air Hujan


1. Kandungan unsur kimia di dalam air hujan dapat dijadikan sebuah indikator untuk memonitor pencemaran lingkungan di suatu tempat dan digunakan untuk menentukan pengaruh faktor lingkungan pada tubuh manusia. Kok bisa?

Kandungan air hujan sendiri tergantung pada kondisi geologi, jumlah penduduk, dan aktifitas yang dilakukan oleh manusia di daerah tersebut. Sehingga kandungan hujan akan berbeda-beda di setiap tempat. Misalnya, di daerah laut terbuka sampai daerah dekat dengan pantai, air hujan akan mengandung garam, CO2 dan bersifat asam. Sedangkan air hujan di darat punya kandungan garam yang jauh lebih sedikit. Apalagi di kota-kota yang padat penduduk, seperti Jakarta, kemungkinan kandungan air hujannya berasal dari sisa-sisa polusi. Jika hujan turun di lingkungan yang bersih, maka massa pengotor di dalam air hujan pun juga sedikit, tetapi jika hujan turun di daerah yang lingkungannya tidak bersih, maka akan terdapat banyak massa pengotor di dalamnya. Pengecekan pH air hujan bisa menjadi salah satu cara, untuk mengetahui kondisi lingkungan di sekitar Anda.


2. Air Hujan Dapat Diminum

Ternyata air hujan juga dapat langsung diminum, asalkan air hujan yang diminum tersebbut jatuh langsung dari langit tanpa melewati perantara. Air hujan yang telah melewati perantara tidak dapat dikonsumsi karena kemungkinan sudah tercemar oleh zat-zat lain. Sayangnya, air hujan relatif rendah kandungan mineralnya. Dalam prakteknya, orang minum air hujan dari sungai dan sumur, di mana air sudah mengambil beberapa mineral dari tanah dan bebatuan.


3. Terdapat Kandungan Silika Dan Fly Ash

Silika adalah debu yang berasal dari gurun seperti gurun sahara, sedangkan Fly Ash adalah karbon dalam bentuk abu ringan yang berasal dari industri atau gunung berapi

Mengapa bisa ada silika dan fly ash? 

Umumnya keduanya adalah debu yang mengikat molekul-molekul air sehingga terjadi hujan. Ingat, hujan berasal dari proses presipitasi, bukan pengembunan. Presipitasi adalah proses pengikatan banyak molekul-molekul di permukaan molekul lain sehingga terbentuk molekul yang dipusatnya terdapat molekul asing. Fenomena ini juga sudah dipelajari dan terjadi di dalam freezer kamu (jika punya freezer).


4. Petir Membantu Melarutkan Nitrogen Dalam Air Hujan

Petir ini memiliki energi yang sangat tinggi sehingga bisa melarutkan udara dan mineral-mineral lain yang ada diudara ke dalam air hujan. Proses petir inilah yang nantinya mengilhami teknologi plasma. Hal inilah yang menyebabkan air hujan memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat menyuburkan tanaman.



Kandungan Air Hujan


Pada dasarnya kandungan air hujan berasal dari reaksi zat-zat yang ada di atmosfer dengan butiran air yang melewatinya. Umumnya terdiri dari 99.9 persen massa H2O dan sisanya adalah zat-zat yang ikut tercampur dengan air hujan, berupa zat padat yang mudah larut dan gas. Air hujan adalah air yang banyak mengandung unsur nitrogen. Nitrogen ini sangat penting bagi metabolisme tumbuhan, penyusun protein, salah satu unsur penyusun DNA, dll. 



Sumber :


Wikipedia

http://www.penggagas.com



Jika informasi di atas tidak sesuai dengan apa yang anda inginkan, Baca IPTEK menyarankan untuk mencari informasi lainnya, informasi di bawah ini mungkin bisa menjadi alternatif Anda.



Mungkin ada saran dan kritik silahkan tinggalkan di kotak komentar ya...

3 Responses to "Fakta Menarik Dibalik Air Hujan Beserta Kandungan Didalamnya"

Tolong Patuhi Peraturan Berkomentar di Baca IPTEK
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Dont Spam
3. No Porn dan Sara
4. Jika berkomentar dengan link tanpa relevan maka akan di hapus
5. Semua komentar pasti saya baca tapi tak semua bisa di balas