Mengenal Apa Itu Fitur Enkripsi End-to-End Dan Kelemahannya Di Aplikasi Chatting

Mengenal Apa Itu Fitur Enkripsi End-to-End Dan Kelemahannya Di Aplikasi Chatting



Pengertian Fitur Enkripsi End To End


Enkripsi End To End merupakan fitur untuk mengamankan pesan-pesan, foto, video, pesan suara, dokumen, dan panggilan anda dari pihak yang tidak bertanggung jawab dan menghindari tindak kejahatan seperti penyadapan termasuk dari agen pemerintah.





Aplikasi Chatting Yang Menggunakan Fitur Enkripsi End To End


1. WhatsApp

Salah satu aplikasi chatting yang memiliki fitur Enkripsi End To End paling canggih adalah WhatsApp. WhatsApp adalah aplikasi pesan untuk smartphone dengan basic mirip BlackBerry Messenger. WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain. Aplikasi WhatsApp Messenger menggunakan koneksi 3G atau WiFi untuk komunikasi data. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto dan lain-lain.

Lihat selengkapnya disini


 

2. Facebook Messenger

Facebook Messenger adalah aplikasi resmi Facebook yang mengijinkan Anda untuk melakukan percakapan teks dengan semua teman - teman di jaringan sosial yang populer. Terima kasih pada aplikasi ini, Anda akan bisa mengirim dan menerima pesan teks dalam percakapan yang mana kemudian bisa Anda lanjutkan di komputer Anda. Facebook memiliki fitur Secret Conversations yang dilengkapi dengan enkripsi end-to-end

Dengan fitur Secret Conversations ini, pesan yang dikirim hanya akan bisa dibaca pada perangkat yang sedang digunakan oleh si pengirim dan si penerima pesan, dan tidak tersimpan di server Facebook seperti pesan-pesan biasa. Oleh karena itu, apabila kamu mengirim pesan terenkripsi lewat aplikasi Facebook Messenger di smartphone kamu, maka kamu tidak akan bisa mengaksesnya di tablet atau PC yang kamu miliki.

Lihat selengkapnya disini




Kelemahan Fitur Enkripsi End To End Pada Aplikasi Chatting
 

Meskipun WhatsApp menjanjikan enkripsi End-to-End pada semua obrolannya, dan Facebook Messenger menawarkan enkripsi End-to-End pada percakapan rahasia, namun kabarnya pesan di kedua platform tersebut masih bisa diretas. 

Alasannya adalah, karena aplikasi pesan instan tersebut masih mengandalkan jaringan telefon yang menggunakan Signalling System no.7, atau lebih dikenal sebagai SS7.

Apa itu SS7 ?

SS7 adalah protokol yang digunakan untuk menghubungkan operator di seluruh dunia dan mempengaruhi semua pengguna smartphone menghiraukan perangkat yang mereka gunakan.
 
SS7 sendiri tidak bisa memecahkan enkripsi yang digunakan oleh dua aplikasi messaging tersebut, namun protokol tersebut dapat digunakan untuk mengelabui operator nirkabel dalam membantu peretas untuk membuka akun duplikat WhatsApp dan
Facebook Messenger yang menggunakan nama target. 

Peretas menggunakan SS7 dan mengelabui operator yang digunakan target untuk percaya bahwa nomor telefonnya sama dengan nomor ponsel target. Setelah itu peretas menginstal WhatsApp dan
Facebook Messenger di ponselnya, dengan menggunakan nomor target untuk mengatur account baru. 

Hal tersebut memungkinkan mereka untuk menerima kode rahasia palsu yang membuktikan bahwa peretas tersebut adalah pengguna yang sah dari akun yang diretas. Setelah mendapat akses penuh, hacker bisa berpura-pura menjadi akun yang diretas dalam melancarkan aksinya.


Sumber :


https://id.techinasia.com

http://techno.okezone.com


Wikipedia


Jika informasi di atas tidak sesuai dengan apa yang anda inginkan, Baca IPTEK menyarankan untuk mencari informasi lainnya, informasi di bawah ini mungkin bisa menjadi alternatif Anda.

Mungkin ada saran dan kritik silahkan tinggalkan di kotak komentar ya...

2 Responses to "Mengenal Apa Itu Fitur Enkripsi End-to-End Dan Kelemahannya Di Aplikasi Chatting"

  1. Tham gia vào game Clash of Clans bạn sẽ được hóa thân thành một thị trưởng, có nhiệm vụ xây dựng ngôi làng của mình ngày một lớn mạnh, huấn luyện binh lính thành đội quân tinh nhuệ, nhanh chóng giành được chiến thắng vẻ vang trước những người cùng chơi khác.
    Clash of Clans Clash of Clans APK Link: https://downloadaplikasi.info/clash-of-clans/download

    BalasHapus
  2. Line 98 classic là trò chơi giải trí của giới văn phòng mang tính trí tuệ cao với quy tắc chơi vô cùng đơn giản, bạn cần sắp xếp các quả bóng thành một dòng 5 quả sẽ làm chúng nổ và được điểm
    Link: https://downloadaplikasi.info/lines-98-classic-color-lines/download

    BalasHapus

Tolong Patuhi Peraturan Berkomentar di Baca IPTEK
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Dont Spam
3. No Porn dan Sara
4. Jika berkomentar dengan link tanpa relevan maka akan di hapus
5. Semua komentar pasti saya baca tapi tak semua bisa di balas